7 Aplikasi File Manager untuk Android

oleh
aplikasi file manager

BELITONGINFOFile Manager Merupakan Aplikasi yang berfungsi untuk pengelolaan berkas, mengelola berkas/ file, membuat file, membuka file, menyunting, melihat, mengubah nama file, memindahkan, menyalin, menghapus, mencari dan mengubah permission pada file.

Setiap HP Android memang di bekali dengan aplikasi manajer file bawaan, namun di Google Play Store, ada cukup banyak alternatif menarik untuk dijajal.

Baca Juga : Cara Mencegah Malware di Smartphone

Merangkum dari IDN Times, ada beberapa Aplikasi File Manager terbaik untuk smartphone Android yang bisa di dapatkan di google play store.

Aplikasi File Manager

1. X-plore File Manager

X-plore File Manager mungkin terlihat seperti program Windows dari tahun 90-an, namun ini merupakan salah satu aplikasi manajer file terbaik yang tersedia di Android untuk saat ini.

Alih-alih mengedepankan desain kekinian ala Material Design, X-plore lebih berfokus pada fungsi. Salah satu yang terbaik dari aplikasi ini adalah tampilan panel ganda sehingga pengguna bisa dengan lebih mudah memindah atau menyalin file antar folder.

Jika mau, pengguna juga bisa mengakses file sistem pada aplikasi ini tanpa harus melakukan rooting.

2. Files by Google

Files by Google merupakan aplikasi manajer file garapan Google. Aplikasi ini memiliki tiga fitur inti yaitu menelusuri file, membersihkan file sampah dan kemampuan untuk berbagi file dan folder secara terenkripsi dengan orang-orang sekitar tanpa koneksi internet.

Bagian penelusuran file pada aplikasi ini memang tidak “sedalam” X-plore File Manager karena memang sengaja di rancang sesederhana mungkin.

Aplikasi ini menawarkan enam kategori utama untuk menelusuri file yaitu Downloads, Images, Videos, Audio, Documents, dan Apps.

3. FX File Explorer

Selanjutnya adalah FX File Explorer yang jadi aplikasi manajer file terbaik di Android untuk mereka yang sangat peduli akan privasi.

Aplikasi ini tidak mengandung iklan sama sekali dan tidak mengoleksi data-data milik pengguna. FX File Explorer akan meminta berbagai macam perizinan keamanan setelah di pasang, namun semuanya opsional.

Meski bisa di gunakan untuk mengakses file system, pengguna tetap harus membayar untuk mendapat dukungan penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Box, dan SugarSync.

4. ASTRO File Manager

ASTRO File Manager kini tak lagi hanya sekedar aplikasi manajer file saja, tapi juga aplikasi pembersih penyimpanan, manajer penyimpanan dan alat backup.

UI yang di usung aplikasi ini sangat sederhana dan intuitif, sehingga memudahkan navigasi pengguna untuk beralih dari satu penyimpanan ke penyimpanan lainnya.

Untuk fitur, ASTRO File Manager juga di lengkapi dengan fitur sinkronisasi Box, Dropbox, OneDrive dan Google Drive, manajer cache aplikasi media sosial serta dukungan akses lokasi lain di jaringan yang sama.

5. Total Commander

Total Commander termasuk ke dalam salah satu aplkasi yang familier di kalangan pengguna PC berbasis Windows, karena sempat menjadi software manajer file pihak ketiga untuk Windows pada 1993 di mana kala itu masih bernama Windows Commander.

Aplikasi ini memiliki segudang alat navigasi di samping cut, copy, dan paste. Misalnya, aplikasi ini mendukung bookmark dan file packaging (seperti halnya WinRar) dan kemampuan untuk mengustomisasi tombol di toolbar untuk disesuaikan dengan selera pengguna.

6. Amaze File Manager

Amaze File Manager menjadi satu-satunya aplikasi manajer file open-source di daftar ini. Aplikasi ini menggunakan pendekatan navigasi berbasis tab, sehingga pengguna bisa dengan memudah mengakses banyak folder di saat yang bersamaan.

Selain itu, Amaze File Manager juga di bekali dengan fitur manajer aplikasi, dukungan untuk mengakses file sistem, enkripsi file AES, riwayat dan bookmark.

Kerennya lagi, aplikasi ini juga hadir dengan pembaca database bawaan, pembaca file ZIP serta sepenuhnya bebas iklan.

7. Solid Explorer File Manager

Tidak seperti yang lain di daftar ini, Solid Explorer File Manager merupakan aplikasi manajer file premium atau berbayar.

Meskipun begitu, untuk harga yang di banderol, aplikasi ini sangatlah ayak untuk di beli. Aplikasi ini menggunakan desain dua panel seperti halnya X-plore Manager.

Namun tidak seperti X-plore, Solid Explorer File Manager mengusung desain UI Material Design yang lebih estetik.

Untuk fitur unggulan, aplikasi ini menawarkan akses root, plugin untuk lebih banyak fitur dan sinkronisasi penyimpanan cloud.

Baca Juga : 5 situs translate ke bahasa inggris yang cocok di gunakan


Ayo Yang Mau. Kepo Dengan Perkembangan. Berita Terbaru , Berita Terkini , Berita Hari ini , Berita Teknologi , dan Berita Viral lainnya di belitonginfo.com Dapat Mengklick Link. Di. Bawah. Ini :

Facebook. (Dengan Kamu Mengklick. Link. ini. Kamu. Akan. Masuk. ke Facebooknya belitong. Info) Ayo Klik Sekarang Juga.

Atau Kamu Juga Dapat Melihat Instagram Kami atau bisa mengunjungi Google News Kami.

Kami Juga Ada. Channel. Youtube. Untuk. Melihat. Berita. kami Secara Visual Ayo Sekarang Juga Bergabung Bersama Kami.

Video Terbaru

No More Posts Available.

No more pages to load.